RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I. Identitas
Nama Sekolah : SMP Aminah Syukur
Mata
Pelajaran : IPA Biologi
Kelas
/ Semester : IX/ I
Jumlah
Pertemuan (1KD) : 2 x 40 menit ( 2x pertemuan )
II. Standar Kompetensi
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan
manusia.
III. Kompetensi Dasar
1.3.Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
I.
IV. Indikator
1.
Menjelaskan
struktur alat indra dengan media powerpoint.
2.
Menjelaskan fungsi
alat indra dengan media powerpoint.
3.
Menjelaskan
sistem kerja pada alat indra dengan media powerpoint.
4.
Mendata penyakit
pada alat indra dengan media powerpoint.
II.
V. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan struktur alat indra setelah menerima materi.
2. Siswa dapat menjelaskan fungsi alat indra setelah menerima materi.
3. Siswa dapat menjelaskan sistem kerja alat indra setelah menerima materi.
4. Siswa dapat mendata penyakit pada alat indra setelah menerima mater
I. VI. Karakter yang Dikembangkan
1.
Percaya Diri
2.
Disiplin
3.
Tekun
4.
Rasa hormat dan menghargai
orang lain
5.
Aktif
I.
VII. Materi Pembelajaran
Struktur Alat
Indra
1. Mata
2. Telinga
dst..
I. VIII. Alokasi Waktu
Pertemuan 1 untuk pencapaian
indikator no 1 dan 2
Pertemuan 2 untuk pencapaian
indikator no 3 dan 4
I.
IX. Strategi Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match
2. Metode Pembelajaran : a. Ceramah
Singkat
b. Presentasi
c. Pemberian Tugas
I.
X. Skenario Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Guru
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam kepada
peserta didik
2.
Guru mengabsen kehadiran
peserta didik
3.
Guru memberikan apersepsi
kepada peserta didik:
“Kalian pernah ke pasar? Apa kesan kalian setelah memasuki pasar?”.
4.
Guru menuliskan indikator
pembelajaran di papan tulis.
|
10 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
|
1. Guru menjelaskan materi yang berkaitan dengan indikator dengan
menggunakan LCD.
1.
Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok
untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu
jawaban
2.
Setiap siswa
mendapat satu buah kartu
3.
Tiap siswa
memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.
Setiap siswa
mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal
jawaban)
5.
Setiap siswa
yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6.
Setelah satu
babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari
sebelumnya
7.
Demikian
seterusnya.
1. Guru menanggapi hasil dari kegiatan elaborasi dari peserta didik dan memberikan informasi
yang sebenarnya.
|
60 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru
membimbing siswa membuat kesimpulan yang mengacu pada indikator dan tujuan
pembelajaran.
2.
Guru memberikan evaluasi/tugas
untuk dikerjakan dirumah.
3.
Guru menutup kegiatan
pembelajaran.
|
10 menit
|
I.
XI. Penilaian Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Tes lisan (Keaktifan siswa dalam proses belajar)
b. Tes Tertulis (Pengerjaan tugas yang diberikan)
2. Skor Penilaian
a. Lembar Observasi
Lembar Observasi Peran Siswa
dalam Proses Pembelajaran
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
|||||
Afektif
|
Psikomotorik
|
||||||
KB
|
D
|
B
|
M
|
MP
|
MS
|
||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
B :
Bertanya M : Menjawab
MP : Mengemukakan
Pendapat MS : Mengerjakan Soal
KB : Keseriusan
Dalam Belajar D : Disiplin
I. XII. Media Pembelajaran dan Sumber Pembelajaran
a. Media Pembelajaran
1. Buku Paket IPA Biologi Kelas IX
2. Bahan ajar melalui Power Point
3. LCD
4. Papan Tulis
5. Spidol
b. Sumber Pembelajaran
1. Aloysius, Suyitno & Sukirman. 2009. Biologi 3 SMP Kelas IX . Bogor: Yudistira.
2. Wariyono, Sukis. 2008. Mari Belajar
Ilmu Alam Sekitar 3 Panduan Belajar IPA Terpadu untuk kelas IX SMP/MTs.
Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar