Jumat, 19 April 2013

RPP Biologi Berkarakter

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

I. Identitas
Nama Sekolah                      :  SMP Aminah Syukur
            Mata Pelajaran                      :  IPA Biologi
            Kelas / Semester                   : IX/ I
            Jumlah Pertemuan (1KD)    :  2 x 40 menit ( 2x pertemuan )

II. Standar Kompetensi

     1.   Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

III. Kompetensi Dasar
1.3.Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

       I.            IV. Indikator
1.         Menjelaskan struktur alat indra dengan media powerpoint.
2.         Menjelaskan fungsi alat indra dengan media powerpoint.
3.         Menjelaskan sistem kerja pada alat indra dengan media powerpoint.
4.         Mendata penyakit pada alat indra dengan media powerpoint.

    II.            V. Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan struktur alat indra setelah menerima materi.
2.      Siswa dapat menjelaskan fungsi alat indra setelah menerima materi.
3.      Siswa dapat menjelaskan sistem kerja alat indra setelah menerima materi.
4.      Siswa dapat mendata penyakit pada alat indra setelah menerima mater  
 
       I.            VI. Karakter yang Dikembangkan

1.         Percaya Diri
2.         Disiplin
3.         Tekun
4.         Rasa hormat dan menghargai orang lain
5.         Aktif 

       I.            VII. Materi Pembelajaran

Struktur Alat Indra

1.     Mata

                   2. Telinga



 dst..

       I.            VIII. Alokasi Waktu
Pertemuan 1 untuk pencapaian indikator no 1 dan 2
Pertemuan 2 untuk pencapaian indikator no 3 dan 4

 
       I.            IX. Strategi Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran  :  Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match
2.      Metode Pembelajaran :  a. Ceramah Singkat
                                           b. Presentasi
                                           c. Pemberian Tugas

       I.            X. Skenario Pembelajaran

No
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Guru
Alokasi
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam kepada peserta didik
2.      Guru mengabsen kehadiran peserta didik
3.      Guru memberikan apersepsi kepada peserta didik:
“Kalian pernah ke pasar? Apa kesan kalian setelah memasuki pasar?”.
4.      Guru menuliskan indikator pembelajaran di papan tulis.
10 menit
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi

Elaborasi















Konfirmasi

1.      Guru menjelaskan materi yang berkaitan dengan indikator dengan menggunakan LCD.


1.      Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2.      Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.      Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.      Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5.      Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6.      Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.      Demikian seterusnya.


1.     Guru menanggapi hasil dari kegiatan elaborasi  dari peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
60 menit
3.
Kegiatan Penutup
1.      Guru membimbing siswa membuat kesimpulan yang mengacu pada indikator dan tujuan pembelajaran.
2.      Guru memberikan evaluasi/tugas untuk dikerjakan dirumah.
3.      Guru menutup kegiatan pembelajaran.
10 menit



       I.            XI. Penilaian Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.       Tes lisan (Keaktifan siswa dalam proses belajar)
b.      Tes Tertulis (Pengerjaan tugas yang diberikan)
2.      Skor Penilaian
a.       Lembar Observasi

Lembar Observasi Peran Siswa
dalam Proses Pembelajaran


No

Nama Siswa
Aspek Penilaian
Afektif
Psikomotorik
KB
D
B
M
MP
MS
1.







2.







3.







4.







5.








B      : Bertanya                                              M        : Menjawab
MP      : Mengemukakan Pendapat                MS      : Mengerjakan Soal
KB   : Keseriusan Dalam Belajar                    D         : Disiplin


       I.             XII. Media Pembelajaran dan Sumber Pembelajaran

a.       Media Pembelajaran

1.      Buku Paket IPA Biologi Kelas IX

2.      Bahan ajar melalui Power Point

3.      LCD

4.      Papan Tulis

5.      Spidol



b.      Sumber Pembelajaran

1.      Aloysius, Suyitno & Sukirman. 2009. Biologi 3 SMP Kelas IX . Bogor: Yudistira.

2.      Wariyono, Sukis. 2008. Mari Belajar Ilmu Alam Sekitar 3 Panduan Belajar IPA Terpadu untuk kelas IX SMP/MTs. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.









 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar